Jumat, 09 Agustus 2019

Kikis Gerakan Radikal, Masyarakat Pasuruan Komit Perkuat Pancasila



Anggota MPR RI Dapil Jawa Timur II Faisol Riza.
PASURUAN – Kelompok berideologi radikal belakangan masih terus bekerja mencari pengikut baru. Mereka menerobos sekat-sekat ideologis sehingga pada akhirnya menyusup sampai ke desa-desa. Pancasila sebagai benteng ideologis harus mampu menjadi penekan agar mereka tidak mudah menyebarkan ajaran radikal di Indonesia melalui desa. Karena desa adalah saka guru bagi kokohnya bangsa dan negara Indonesia.
Pandangan tersebut muncul dalam pertemuan orang-orang desa di Pasuruan bersama Anggota MPR Faisol Riza. Dalam kesempatan tersebut muncul ide-ide tentang bagaimana orang-orang desa agar tidak mudah terpapar ideologi radikal yang bergerak menyebarkan nilai-nilai dengan berbagai cara.
“Indonesia ini punya banyak kelompok masyarakat. Jenisnya macam-macam. Sangat plural. Sehingga potensi tersusupi ideologi radikal relatif mudah,” kata Riza di depan peserta Sosialisasi MPR, Pasuruan (27/7).
Anggota MPR yang juga tercatat sebagai anggota DPR Dapil Jawa Timur II ini berpesan agar masyarakat tidak mudah terpancing dengan tawaran menggiurkan dari kelompok tertentu karena bisa jadi ujung-ujungnya diajak bertindak anarkhis.
Islam mempunyai nilai-nilai demokrasi 
Dikatakan, masyarakat Pasuruan terdiri dari sebagian kaum santri harus mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat di sekitarnya bahwa Islam mempunyai nilai-nilai demokrasi dan toleransi yang cukup teruji. Islam telah dijamin oleh Allah sebagai rahmatan lil ‘alamin.
“Namun hamba-hamba-Nya harus berikhtiar agar nilai-nilainya tetap lestari di muka bumi. Di sinilah makna rahmatan lil alamin tersebut,” katanya.
Kata Riza, di tengah gelombang peradaban yang makin maju ditandai menjamurnya aplikasi teknologi menjadikan masyarakat mudah memperoleh informasi dari mana saja.
“Hanya dengan segenggam HP kita sekarang bisa ke mana-mana. Tidak terkecuali masuk ke wilayah radikal tanpa sadar. Jadi kita harus selektif memilih dan memilah informasi. Dengan Pancasila kita bisa melawannya,” pesan Riza.
Sosialisasi PBNU (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD NRI 1945) diselenggarakan oleh MPR dengan menghadirkan anggota MPR Faisol Riza di Pasuruan. Bertujuan memberikan pemahaman Pancasila yang harus dijaga seutuhnya dan sekuat tenaga. Di tengah percaturan ideologi-ideologi dunia Pancasila bisa memperkuat dirinya dengan komitmen yg kuat dari orang-orang desa. (kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo daftar Jadi Jutawan