Jumat, 23 Februari 2018

Nasim Khan: UMKM Situbondo harus Bangkit

>>Desa Trigonco Kecamatan #Asembagus Kabupaten #Situbondo

Anggota Fraksi PKB DPR RI Insinyur Haji M Nasim Khan menghadiri acara Dialog Interaktif tentang "upaya menumbuhkembangkan ekonomi kreatif dan UMKM", 22 Februari 2018.

Acara diselenggarakan oleh para mahasiswa KKN kelompok 12 Universitas Muhammadiyah Jember di Desa Trigonco.

Bang Nasim, Anggota DPR Dapil Jawa Timur III- Situbondo Bondowoso Banyuwangi, dalam acara tersebut menyampaikan rasa terima kasih dan bahagia atas undangan kehormatan dari para mahasiswa KKN di Trigonco. Karena bisa bersilaturahim dan bertukar pikiran dengan para mahasiswa.

Bang Nasim merasa bahagia bahwa para mahasiswa adalah kaum muda generasi bangsa yang harus ikut memperhatikan ekonomi kreatif Umkm di Indonesia, khususnya di Situbondo.

Apalagi pihaknya juga diberi tanggungjawab untuk duduk di Komisi 6 DPR yang membidangi UMKM.

"Saya menyampaikan terima kasih saya ikut berbahagia bisa bersama-sama dengan para mahasiswa di forum ini," katanya.

Acara dihadiri dan diikuti para pemuda dan para pengusaha muda di lingkungan Asembagus. karena itu pihak penyelenggara mengundang Dinas Koperasi dan Umkm Kabupaten Situbondo, sebagai narasumber, yang dihadiri oleh Mas Reza dan Pak Gatot, Kabid di Dinas Koperasi Kabupaten Situbondo.

Menurut Bang Nasim, UMKM adalah salah satu tonggak untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Karena pergerakan UMKM yang kecil mudah tumbuh dan berkembang di masyarakat bawah. Apalagi UMKM itu saat ini mudah dikembangkan dan mudah memperoleh support permodalan dari pemerintah.

Sementara itu Pak Gatot mengatakan bahwa pemberdayaan dan peningkatan kualitas wirausahawan UMKM yang di bidani oleh pemerintah saat ini sering terbatas oleh minimnya anggaran.

"Oleh sebab itu semangat dan kerja keras dari pelaku UMKM menjadi tulang punggung bagi peningkatan ekonomi rakyat," katanya.

Dikatakan,  jadi dalam hal ini posisi pemerintah adalah sebagai fasilitator para pelaku UMKM sendiri itulah yang harus menentukan untuk bisa tumbuh dan berkembang dan bersaing dengan para penggerak UMKM-UMKM yang lain.

Bang Nasim mengatakan ide-ide kreatif merupakan salah satu faktor bagi tumbuhnya UMKM sekaligus mampu berdaya saing dengan pelaku UMKM UMKM di situbondo.

Situbondo punya banyak potensi yang bisa kita kembangkan. Kuncinya adalah bagaimana kita bisa mengolah potensi itu dengan ide-ide kreatif dan dipasarkan pada wilayah yang lebih luas. Di sinilah perlu ekonomi dan gagasan expansive ke daerah lain. Bila perlu diekspor ke negara lain.

Kehadiran Bang Nasim dalam acara tersebut berkaitan dengan kunjungan kerja reses di Situbondo sbg anggita DPR.

Hadir dalam acara tersebut para penggerak UMKM, para pemuda, dan para perangkat desa di lingkungan desa triGonco. Demikian laporan pandangan mata yang bisa kami sampaikan fotonya menyusul. (Kholilul Rohman Ahmad)

Keterangan foto:
Anggota DPR FPKB Ir HM NASIM KHAN menerima cenderamata dari A Rizal Ketua Mahasiswa KKN 12 Univ Muhammadiyah Jember di Aula Desa Trigonco,  Asembagus, Situbondo, 22 Februari 2018.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo daftar Jadi Jutawan