Jumat, 23 Februari 2018

Catatan Nasim Khan Komisi VI DPR Tinjau Proyek PMN Rp250M untuk Revitalisasi PG Asembagus

Pak Nasim Khan meninjau Pabrik Gula Asembagus dalam rangka mengecek pelaksanaan proyek revitalisasi pabrik gula tersebut utk meningkatkan kapasitas produksi dari 3000 tcd menjadi 6000 tcd. Proyek ini didanai oleh APBN melalui program Penyertaan Modal Negara atau PNM tahun 2016 sebesar Rp250 miliar.

Bang Nasim meninjau didampingi para staf NKI di Situbondo dalam rangka reses Anggota DPR tahun 2018.

Saat meninjau lokasi tersebut Pak Nasim disambut oleh Direktur PG Asembagus sekaligus bersama-sama melihat lokasi program revitalisasi tersebut. Terlihat di lokasi beberapa alat berat dan juga mesin-mesin yang sedang dirangkai.

Pak Nasim meminta agar pelaksanaan pekerjaan revitalisasi ini wajib sudah siap beroperasi pada bulan Juni 2018. Karena hal tersebut berkaitan dengan musim giling tahun ini yang mentargetkan 3000 kuintal tebu siap giling.

Kalau mesin tidak selesai sesuai jadwalnya dikhawatirkan penggilingan tebu terganggu. Ketika penggilingan tebu terganggu, maka penghasilan para petaninya pasti ikut terganggu. Ini menyangkut hajat hidup ratusan ribu petani tebu dan keluarganya. Mohon ini diperhatikan. 

Apalagi adanya PG Asembagus ini mempunyai efek ekonomi yang sangat tinggi. Begitu PG Asembagus lambat penggilingan tebunya, maka perekonomian di Situbondo dan sekitarnya juga akan ikut melambat.

Ini harus jadi perhatian kepada Direktur PTPN XI dan juga Direktur PG Asembagus. Saya berharap pekerjaan ini betul-betul diperhatikan.
Saya datang ke sini atas nama Wakil Rakyat di Daerah Pemilihan Jawa Timur 3 yang meliputi Situbondo.

Sebelum saya datang ke sini sudah berkoordinasi dengan Pak Bupati Situbondo. Beliau titip pesan agar penggilingan sebuah di musim tahun ini betul-betul bisa berjalan lancar.

Sebelum revitalisasi, karena kapasitas mesin giling yang terbatas, antrian truk pengangkut tebu sampai tiga hari.

Ke depannya saat mesin giling sudah jadi, an triannya bisa dipangkas tidak sampai 1 hari. Ini menyangkut perekonomian para petani dan masyarakat di Situbondo. Jadi proyek revitalisasi ini harus selesai Juni tahun ini.

Saya meninjau program proyek revitalisasi PG Asembagus ini juga akan menjadi bahan laporan saya di DPR Komisi VI saat Rapat Dengar Pendapat dengan para pemangku kebijakannya. Nanti juga akan menjadi bahan laporan saya di DPR ketika RDP dengan Menteri BUMN.*

Ditulis oleh: Kholilul Rohman Ahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo daftar Jadi Jutawan