Selasa, 22 Oktober 2013

Musyawarah Pedagang Burung


Pasar burung di kawasan Jalan Piere Tendean Banyuwangi adalah salah satu sudut kota paling eksotis untuk tujuan wisata di kawasan ujung timur Pulau Jawa ini. Meski tidak seramai Pasar Burung Ngasem Yogyakarta, namun cukup variatif berbagai jenis burung yang diperdagangkan di tempat ini.
Di tempat ini pengunjung bisa ikut bertransaksi jual beli berbagai jenis burung. Atau hanya menonton para pedagang yang bercandaria menunggu pembeli. Di sinilah burung asli Banyuwangi, Cucak Ijo (Chloripsis Sonnerati yang termasuk ke dalam golongan Chloropseidae), sering diperdagangkan.
Meski dari segi ekonomi nilainya tidak sebanding besarnya dengan pasar modern (mall) atau toko kelontong modern yang sedang menjamur, namun nilai sejarah dan sebagai pendukung kekayaan kota Banyuwangi pasar burung ini butuh sentuhan politik agar berkembang dan eksis menghiasi kota.
Pemkab Banyuwangi sebaiknya mengajak bermusyawarah para pedagang dalam kerjasama untuk ikut memelihara keindahan dan keunikan pasar burung ini untuk memajukan pariwisata. Seandainya pasar burung ini lenyap tergerus zaman maka berkuranglah khazanah Banyuwangi sebagai kota yang layak dikunjungi.

DATA FOTO:

Judul: MUSYAWARAH PEDAGANG BURUNG

Lokasi: Pasar Burung, Jln Piere Tendean Banyuwangi

Fotografer: Kholilul Rohman Ahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo daftar Jadi Jutawan