Rabu, 15 Mei 2013

Gelorakan Nasionalisme, DKN Garda Bangsa Bedah Film "Sang Kyai" di Kampus

JAKARTA,-- DKN Garda Bangsa mengagendakan menggelar diskusi terbuka tentang film kolosal "Sang Kyai" di Auditorium Harun Nasution, UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Jakarta, besok (16/5) pukul 13.00. Diskusi menghadirkan seniman-seniman kunci yang terlibat dalam pembuatan film ini.

Mereka yang akan hadir dalam diskusi bertajuk “Behind The Scene Film Hadratus Syaikh Sang Kyai” itu antara lain Sunil G Samtani (eksekutif Produser), Rako Prijanto (Sutradara), Ikranegara (pemeran Sang Kiai), dan Dayat Simbaia (aktor). Selain itu, acara ini juga akan dihadiri Muh Hanif Dhakiri (Ketua Umum DKN Garda Bangsa) dan Komarudin Hidayat (Rektor UIN Syarif Hidayatullah).

“Diskusi membedah latar belakang pembuatan film sejarah itu,” kata Hanif Dhakiri.

Film Sejarah Pahlawan Nasional
Film “Sang Kyai” berkisah tentang KH Hasyim Asy’ari, seorang pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, pada yang lahir di Desa Gedang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, 10 April 1875 yang menjadi peletak dasar ruh/spirit kebangsaan Indonesia.

Dikisahkan, Sang Kiai juga aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Bersama KH Bisri Syamsuri, KH Wahab Hasbullah, dan ulama-ulama besar lainnya mendirikan sebuah organisasi Jam’iyah Nahdlatul Ulama’ (kebangkitan ulama) pada 31 Januari 1926 di Jombang, Jawa Timur.

Pesan moral film ini, komitmen kebangsaan yang dimiliki oleh Ssang Kiai tidak hanya diajarkan kepada santri-santrinya, namun juga diwujudkan melalui aksi nyata. Muktamar NU ke 11 di Banjarmasin tahun 1936 merupakan bukti nyata terhadap pondasi kebangsaan yang dimiliki oleh warga NU sekaligus mayoritas penduduk Indonesia yang menfatwakan keberaaan negara Indonesia sebagai negara “Darussalam” bukan “Darul Islam”.

Selain di Ciputat, bedah film ini juga akan digelar di SMU Al-Khatidjah dan IAIN Sunan Ampel, Surabaya Jawa Timur (18 Mei), Kampus Interstudies Blok M (24 Mei), dan di DPP PKB bersama Pengurus OSIS se-DKI (28 Mei). Road show bedah film Sang Kyai digelar DKN Garda Bangsa dalam rangka hari Kebangkitan Nasional bekerjasama Rapi Film demi bangkit nasionalisme kawula muda. |KRA|

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo daftar Jadi Jutawan