Jumat, 30 Maret 2018

Jember dan Seminar Edukasi Finansial Teknologi

Ini era bisnis, Bung!

Bahwa bisnis online tidak melulu hanya e-commerce (toko online) atau situs portal berita. Ada sebuah industri baru bernama financial technology atau nama kerennya finTech.

Keberadaan FinTech bertujuan untuk membuat masyarakat lebih mudah mengakses produk-produk keuangan, mempermudah transaksi dan juga meningkatkan literasi keuangan. Perusahaan-perusahaan FinTech Indonesia didominasi oleh perusahaan startup dan berpotensi besar.

Kemarin, Kamis, saya mendapatkan kehormatan sebagai salah satu narasumber dalam acara seminar bertajuk Finansial Teknologi di Universitas Muhammadiyah Jember.

Kehadiran saya mewakili Anggota DPR Komisi VI (Dapil Jawa Timur III), Bapak M Nasim Khan yang berhalangan hadir karena ada acara di Jakarta. Pak Nasim memberi kesempatan kepada saya untuk mewakilinya.

Sungguh, saya belum tahu detail tentang apa itu financial teknologi, sehingga yang saya presentasikan adalah tentang kewirausahaannya, kebetulan di DPR sedang digodok RUU Kewirausahaan Nasional dimana Pak Nasim menjadi salah satu anggota Panitia Khususnya.

Saya hadir dalam acara itu lebih banyak belajar dan memperdalam untuk mengetahui apa itu finansial teknologi, apa lagi background keilmuan saya bukan ekonomi, bukan keuangan, apalagi bisnis to bisnis yang berhubungan dengan uang.

Dari acara itu saya menjadi sadar bahwa selama ini selalu berhubungan dengan uang. Akan tetapi tidak memahami detail-detail tentang uang. Sungguh kita selama ini baru sebatas mengetahui uang pada permukaannya saja. Mungkin saja bangsa Indonesia pd umumnya baru tahu uang adalah angka yg tertera di atas koin atau kertas. Padahal di balik angka itu ada bisnis yg mahadahsyat.

Sesungguhnya uang melingkupi 1.000.000 dimensi yang bisa kita kelola utk kepentingan yg lebih luas dan tujuan sebaik-baiknya. Barangkali selama ini kita juga mengenal ttg kebebasan finansial. Akan tapi makna sejatinya tentang kebebasan finansial juga tidak tahu apalagi cara menggapainya.

Terima kasih kepada Pak rektor Unmuh Jember, Bu Dekan Fakultas Ekonomi Unmuh Jember, wabil khusus sahabat Rizki dan Pak Haris yang telah mempercayakan utk bersilaturahim dengan banyak kolega-kolega penting di Jember dan Malaysia.

Bismillah, Semoga acara ini punya keberlanjutan yang lebih signifikan untuk kebebasan finansial yang sejati di masa depan bagi bangsa Indonesia. Terima kasih. Alfatihah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo daftar Jadi Jutawan